You need to enable javaScript to run this app.

Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Sholat Dhuha

  • Kamis, 11 Januari 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Sholat Dhuha

Luwuk, Salah satu sasaran pendidikan adalah karakter siswanya, di mana tujuan pendidikan adalah menciptakan perbuatan atau tindakan. Oleh karena itu, pendidikan karakter dalam sebuah lembaga sangat penting dan di butuhkan. Pendidikan karakter adalah bagaimana sebuah lembaga menanamkan karakter sekaligus memberi benih kepada peserta didik untuk mampu menumbuhkan karakternya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sholat Dhuha Berjamaah merupakan upaya positif yang di lakukan oleh madrasah untuk mengoptimalkan mental siswa yang berbudaya karakter. Salah satu program MIN 1 Banggai yang sudah berjalan beberapa tahun ini adalah pembiasaan sholat Dhuha yang di lakukan secara berjamaah di madrasah setiap hari Kamis tiap pekan.

 

 

Sholat Dhuha sebagai pembentukan karakter peserta didik ialah pelaksanaannya di lakukan sesuai jadwal dan tepat waktu serta di lakukan terus menerus secara konsisten agar menjadi kebiasaan dan tradisi yang sulit untuk di tinggalkan sehingga peserta didik menjadi disiplin dalam menjalani kehidupannya.

 

Pendidikan karakter yang di tanamkan melalui sholat Dhuha ini di harapkan mampu menghasilkan dan menampilkan generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan spiritual serta pribadi berkarakter yang selalu meningkatkan kualitas keimanan, akhlak, dan hubungan antar sesama warga madrasah. Setelah melaksanakan sholat Dhuha, siswa juga di ajarkan untuk berdoa dan berzikir.

 

Selain itu juga, dari pembiasaan sholat Dhuha ini siswa di ajarkan untuk berani tampil di depan menjadi imam bagi teman-temannya. Di mana setiap hari Kamis, pelaksanaan sholat Dhuha siswa bergantian menjadi imam untuk memimpin teman-temannya.

 

 

 

Bagikan artikel ini:
Hj. Hasniar, S.Pd.I

- Kepala Sekolah -

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut…

Berlangganan
Banner